: : :PELANGI MALAM: : :

Sabtu, 30 Mei 2009

Cara Cara Menenangkan Diri !


• Berbicara kepada diri sendiri pada saat itu. Percakapan singkat dalam hati kadang kadang membantu: ingatkan diri Anda bahwa Anda sudah pernah mengalami ini sebelumnya dan tahu apa yang bakal terjadi jika Anda terus berdebat. Dengarkan suara di dalam diri Anda yang mengatakan bahwa Anda akan tetap tenang dan terkontrol tanpa terpengaruh anak remaja Anda. Sering kali memerintahkan diri sendiri untuk tenang sangat membantu ! Pikirkan sesuatu yang menyenangkan untuk mengalihkan perhatian Anda dari konflik dan tunjukkan penguasaan diri Anda terhadap si anak. Ini menyampaikan pesan yang kuat: “Aku bisa mengendalikan diri menghadapi provokasimu dan akan tetap bertahan hingga pada akhirnya.” Dan jangan ingkari aturan hitung sampai sepuluh yang Anda pelajari di taman kanak kanak; itu efektif untuk anak anak dan bisa efektif juga bagi orang tua !
• Jika menenangkan diri tidak efektif, Anda harus keluar dari situasi itu. Suatu jeda akan memberi Anda waktu untuk berkonsentrasi dan membuat anak Anda dapat menenangkan diri. Sekalipun masalahnya untuk sementara dibiarkan tidak terselesaikan, lebih baik menundanya daripada melakukan atau mengatakan seseuatu yang bisa merusak hubungan Anda dengan anak remaja Anda.
• Anda juga bisa memanggil pasangan Anda atau orang yang penting di dalam kehidupan Anda agar memperoleh dukungan. Biarkan mereka turun tangan dan mengambil alih diskusi yang sedang memanas dengan anak Anda itu. Anak remaja Anda mungkin akan menyambar kehadiran orang ketiga itu karena orang tersebut membawa sudut pandang yang baru dan mungkin akan mengizinkan dia untuk mengemukakan pendapatnya.


Sumber : Bagaimana Cara Membuat Anak Remaja Anda Terhindar dari Masalah dan Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Usaha itu Gagal, Dr. Neil I. Bernstein, 2006

0 Ulasan:

Catat Ulasan

Langgan Catat Ulasan [Atom]



<< Laman utama